Cute Cursor

Kamis, 12 April 2012

Praktikum Biologi : Ekosistem Bagian 2

       Praktikum dalam dunia sains merupakan landasan pokok yang tidak boleh dianggap remeh. Praktikum yang dirancang dengan baik, dapat membantu meningkatkan pemahaman konsep pada siswa. So,,jangan takut praktikum....Nah,,berikut ini ada praktikum dengan materi Ekosistem, yang dapat dijadikan pelengkap dalam pembelajaran Ekosistem di sekolah. Yuk, praktikum yukkkk :))

Standar Kompetensi    : 4. Menganalisis hubungan komponen ekosistem, perubahan materi    dan   energi, serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem.
Kompetensi Dasar     : 4. 1. Mendeskripsikan peran komponan ekosistem  dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan.
Indikator                       : a.  Menemukan contoh komponen biotik dan abiotik.
                                        b. Menemukan contoh individu, populasi, dan  komunitas  pada  ekosistem   yang ada di lingkungan sekitar.
                                        c.  Menemukan ekosistem dan batas-batasnya.
                                        d.  Menemukan adanya interaksi dalam ekosistem.
                                        e.  Menyimpulkan tipe interaksi berdasarkan gejala yang    teramati
Topik                             :  Pola Kehidupan di Darat
Tujuan                           :  1. Siswa mengamati komponen-komponen penyusun ekosistem darat
                                        2. Siswa memahami interaksi antar komponen biotik dan abiotik
Materi Pokok
              Ekologi berasal dari kata Oikos yang berarti Rumah atau tempat tinggal, dan Logos yang berarti ilmu. Jadi Ekologi adalah Ilmu tentang hubuhngan mahluk hidup dengan lingkungan. Pencetus ekologi adalah Ernest Haeckel.
             Komponen ekosistem
•    Komponen Biotik: komponen berupa mahluk hidup
•    Komponen abiotik: komponen berupa benda tak hidup
            Komponen Biotik
•    Produsen : Kelompok mahluk hidup yang besifat autotrof
•    Konsumen : Kelompok mahluk hidup yang bersifat heterotrof
•    Decomposer : kelompok mahluk hidup yang menguraikan sisa-sisa mahluk hidup lain yang sudah  mati
•    Detrivor : Kelompok mahluk hidup pemakan detritus ( serpihan/potongan/ sisa2 tubuh MH )
•    Scavenger : kelompok mahluk hidup pemakan bangkai
•    Predator : Kelompok mahluk hidup yang memburu dan memakan mangsanya
•    Parasit : Kelompok mahluk hidup yang hidup menempel dan mengambil makanan dari inangnya.

           Komponen Abiotik
•    Udara
•    Angin
•    Kelembaban
•    Suhu
•    Cahaya
•    Mineral
•    Keasaman
•    Salinitas

Kegiatan : Waktu 1x 45 menit
 Alat dan Bahan :
         a.  Cangkul atau alat yang dapat digunakan untuk menggali
         b.  Alat tulis
 Cara Kerja:
        1.  Siapkanlah alat yang dibutuhkan.
        2.  Pergilah ke lingkungan sekitar sekolah.
        3.  Amati keadaan tanah berupa susunannya : pasir, liat, lumpur, berhumus; kandungan air.
       4.   Catat macam-macam tumbuhan dan hewan yang ada di permukaan tanah !
       5.  Dengan menggunakan cangkul, galilah tanah hingga kedalaman 15 cm, kemudian catat hewan yang terdapat dalam tanah !
       6.  Klasifikasikan komponen-komponen ekosistem tersebut ke dalam komponen biotik dan komponen abiotik.
       7.   Masukkan data  ke dalam tabel hasil pengamatan seperti di bawah ini.

Pertanyaan :
1.    Tumbuhan dan hewan apa sajakah yang hidup di permukaan tanah ?
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.    Hewan apa sajakah yang hidup di dalam tanah ?
..............................................................................................................................................
3.    Dapatkah tumbuhan dan hewan tersebut hidup di dalam air ? Mengapa ?
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.    Dari manakah hewan-hewan tersebut memperoleh oksigen untuk hidupnya ?
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................
5.    Apa pengaruh lingkungan abiotik yang telah kamu amati terhadap kehidupan makhluk hidup ?
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................
6.    Jika salah satu komponen ekosistem mengalami gangguan, menurut kalian apa yang akan terjadi pada ekosistem tersebut?
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................
7.    Apakah solusi yang kalian tawarkan untuk bisa mengatasi ketidakseimbangan yang terjadi pada suatu ekosistem?
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................
Kesimpulan
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................




2 komentar: