Cute Cursor

Senin, 09 April 2012

Silabus IPA Terpadu SMP

Assalamu 'alaikum. 
Salam sejahtera dan Semangat !
Masih Semangat kan ? Ia dong, pastinya.
Ngomong-ngomong, sekarang di SMP itu, mata pelajaran yang masuk ke dalam ranah IPA seperti Biologi dan Fisika udah gak ada. Gak ada ?!? Bukannya gak ada,,cuma keduanya dilebur menjadi satu dalam IPA Terpadu. IPA terpadu merupakan perpaduan dua bidang atau lebih dengan memadukan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang saling berhubungan. IPA terpadu merupakan substansi mata pelajaran IPA SMP/ MTs yang mulai berlaku sejak ditetapkannnya kurikulum 2006 yaitu KTSP. 

Ia, aku juga agak kaget mendengar bahwa di SMP itu seperti demikian. Butuh penyesuaian dengan itu. Alasan diberlakukannya IPA Terpadu di SMP/ MTs itu apa sih?
Nah, berikut simak paparan berikut ini yang aku kutip dari sebuah sumber  :
IPA Terpadu merupakan IPA yang disajikan sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan, artinya siswa tidak belajar ilmu fisika, biologi, dan kimia secara terpisah sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri, melainkan semua diramu dalam kesatuan. Mata pelajaran ini lebih tepat dinamakan IPA, tidak perlu diberi tambahan “terpadu” di belakang-nya, karena dari lahirnya dahulu itulah hakikat IPA yang sesungguhnya, artinya IPA lahir bukan dari penyatuan fisika, biologi, dan kimia, tetapi lahir sebagai IPA.
Dalam menghadapi era global, inovasi perlu dilakukan terhadap proses pendidikan IPA agar hasil pendidikan IPA berkualitas dan dapat bersaing dengan negara lain. Melalui pembelajaran IPA yang terpadu diharapkan dapat ditingkatkan efektivitas dan efisiensinya, serta memungkinkan dimunculkannya pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan. IPA terpadu yang dimaksud adalah Sains Terpadu (Integrated Science, General Science, Science), yang dipelajari peserta didik Sekolah Dasar (SD / MI) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP / MTs).
Mengapa pembelajaran IPA harus dipadukan pada level pendidikan SMP ? Apa keuntungan ketiga ilmu disajikan sebagai satu kesatuan ? Dapatkah pembelajaran IPA terpadu berdampak positif terhadap peningkatan sikap kritis, kreatif, dan inovatif siswa lantaran mereka memperoleh bekal ilmu yang terpadu, sehingga dapat mengembangkan pola pikir dan penalaran yang lebih komprehensif dan aplikatif bagi kehidupannya, serta keterampilan berpikir tingkat tinggi (high order thinking skill) ? Apakah siswa memperoleh  kemampuan memahami masalah secara holistik (utuh menyeluruh) tentang berbagai fenomena di alam yang pada hakikatnya berkait satu sama lain dengan pembelajaran IPA secara terpadu ? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, marilah kita diskusikan bersama pada kesempatan ini.
Untuk informasi yang lebih lengkap, silakan menuju ke link sumber aslinya,, check this out --> http://bit.ly/IhTji4
Semoga dengan diterapkannya IPA Terpadu, hasil pendidikan, khususnya IPA, di Indonesia ke depannya lebih berkualitas dan dapat bersaing dengan dunia Internasional. Amin :))
Aku mau posting silabus IPA Terpadu, khususnya BIOLOGI untuk SMP/ MTs. Bagi teman-teman yang berminat, silakan unduh link di bawah ini :
Silabus IPA Terpadu Biologi SMP Kelas VII :
http://bit.ly/Hv6TDg
Silabus IPA Terpadu Biologi SMP Kelas VIII :
http://bit.ly/Hwl7zJ
Silabus IPA Terpadu Biologi SMP Kelas IX :
http://bit.ly/Ikenqz
Semoga bermanfaat,,dan keep Spirit !!!
Sampai jumpa di postingan selanjutnya :)) papay :))


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar