Cute Cursor

Kamis, 17 Mei 2012

Modul Belajar Sistem Gerak SMP Part 3

(Lanjutan dari  Modul Belajar Sistem Gerak SMP Part 2-->Berikut link nya: http://evykingbio.blogspot.com/2012/05/modul-belajar-sistem-gerak-smp-part-2.html )
C. OTOT
     Menurut bentuk dan cara kerjanya otot dibedakan menjadi tiga macam yaitu otot polos, otot lurik, dan otot jantung.

Gambar. Macam-macam otot

Gambar. Struktur otot lurik, jantung, polos
Apa sih perbedaan dari ketiga macam otot tersebut? Simaklah tabel berikut dengan seksama !
 
Tabel . Perbedaan otot lurik, polos, jantung
    Tulang dapat digerakkan karena adanya otot yang bekerja dengan cara berkerut (kontraksi). Otot akan berkontraksi jika mendapat rangsangan dari saraf. Pada saat kontraksi, otot akan memendek, membesar dan mengeras. Setelah kontraksi otot akan  relaksasi (istirahat). Keadaan otot saat relaksasi adalah kebalikan dari kontraksi.
     Ketika otot kontraksi, tulang tempat otot terpaut akan tertarik oleh otot sehingga persendian bergerak.  Jadi  untuk menimbulkan gerakan tubuh diperlukan otot, tulang, sendi, dan saraf. Untuk menggerakkan tulang diperlukan minimal dua buah otot.
     Kerja dua otot atau lebih dalam menggerakkan tulang dibedakan menjadi dua macam yaitu antagonis (berlawanan) dan sinergis (bersamaan).
a. Otot Antagonis
     Pada saat lengan bawah lurus, otot trisep kontraksi dan otot bisep relaksasi. Pada saat lengan bawah terangkat, otot bisep kontraksi dan otot trisep relaksasi.

Gambar. Kerja otot antagonis
b. Otot sinergis
     Gerak otot sinergis terjadi jika sekelompok otot berkontraksi atau berelaksasi dalam waktu bersamaan.Contoh otot yang kerjanya sinergis adalah otot pronator teres dan pronator kuadratus pada lengan bawah yang dapat menggerakan telapak tangan sehingga menengadah dan menelungkup.

Gambar. Kerja otot sinergis
Rangkuman    
•  Menurut bentuk dan cara kerjanya otot dibedakan atas 3 macam yaitu otot polos, otot lurik dan otot jantung.
•  Otot berkontraksi setelah mendapat rangsangan dari saraf. Kerja dua otot atau lebih dalam menggerakkan tulang ada yang berlawanan ( antagonis ) dan ada pula yang bersamaan ( sinergis )
Soal-Soal Latihan
Terlampir di ProProfs.com
Ayo, masih ingat apa yang telah kamu pelajari tentang otot? uji ingatan dan pemahamanmu melalui soal latihan berikut--> klik link nya -->  http://www.proprofs.com/quiz-school/story.php?title=soal-latihan-materi-sistem-gerak-sub-otot-untuk-kelas-viii

*****

DAFTAR PUSTAKA
Campbell, N.A., J.B. Reece, L.G. Mitchell. 2002. Biologi. Terj. dari Biology Edisi Kelima Jilid III; oleh Lestari, R. dkk. Jakarta : Erlangga.
Crisden, Shonna . 2009. CK-12 Life Science. California : UCK-12 Foundation
Kimball, J.W. 2002. Biologi. Jakarta : Erlangga.
Pearce, Evelyn. 2004. Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Jakarta:
     PT Gramedia.
Setyaningsih, Eko. 2010. Biology SMA/MA Grade XI Bringing to Your Life. Jakarta: Bumi Aksara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar