Cute Cursor

Kamis, 17 Mei 2012

Modul Belajar Sistem Gerak SMP Part 4

(Lanjutan dari  Modul Belajar Sistem Gerak SMP Part 3 --> Berikut link nya: http://evykingbio.blogspot.com/2012/05/modul-belajar-sistem-gerak-smp-part-3.html )
D. PENYAKIT DAN KELAINAN PADA SISTEM GERAK
1. Rakitis
     Tulang yang kekurangan zat kapur dan vitamin D dapat terlihat dari kaki yang bengkok seperti bentuk huruf O atau X. Oleh sebab itu, rajinlah mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium seperti susu. Oleh sebab itu, kamu harus rajin minum susu karena susu mengandung banyak kalsium yang baik untuk tulangmu.

Gambar. Rakitis
2. Fraktura ( patah tulang ) dan Fisura ( retak tulang )
     Kelainan ini biasanya disebabkan oleh kecelakaan. Jika tulang yang patah keluar dari permukaan kulit disebut patah tulang terbuka, sedangkan jika tulang yang patah tetap ada di dalam kulit dan otot disebut patah tulang tertutup.

Gambar. Fisura (kiri) dan Fraktura (kanan)
3. Skoliosis, Lordosis, Dan Kifosis
     Ini salah satu kelainan pada tulang punggung yang disebabkan karena kebiasaan duduk yang buruk. Tulang punggung dapat membengkok jika kita melakukan kebiasaan sikap duduk yang salah. Tulang punggung bisa membengkok ke depan (lordosis),  membengkok ke belakang (kifosis), dan membengkok ke arah kiri atau ke kanan (skoliosis). Oleh karena itu agar tulang punggung kita tidak membengkok, maka biasakanlah duduk dengan posisi yang benar.

Gambar. Kelainan tulang punggung
4. Osteoporosis
     Suatu keadaan dimana penghancuran tulang lebih cepat daripada proses pembentukan tulang. Akibatnya tulang menjadi keropos. Penyebabnya yaitu karena kekurangan kalsium. Penyakit ini mudah terjadi pada orang yang lanjut usia.