Cute Cursor

Kamis, 17 Mei 2012

Modul Belajar Sistem Gerak SMP Part 4

(Lanjutan dari  Modul Belajar Sistem Gerak SMP Part 3 --> Berikut link nya: http://evykingbio.blogspot.com/2012/05/modul-belajar-sistem-gerak-smp-part-3.html )
D. PENYAKIT DAN KELAINAN PADA SISTEM GERAK
1. Rakitis
     Tulang yang kekurangan zat kapur dan vitamin D dapat terlihat dari kaki yang bengkok seperti bentuk huruf O atau X. Oleh sebab itu, rajinlah mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium seperti susu. Oleh sebab itu, kamu harus rajin minum susu karena susu mengandung banyak kalsium yang baik untuk tulangmu.

Gambar. Rakitis
2. Fraktura ( patah tulang ) dan Fisura ( retak tulang )
     Kelainan ini biasanya disebabkan oleh kecelakaan. Jika tulang yang patah keluar dari permukaan kulit disebut patah tulang terbuka, sedangkan jika tulang yang patah tetap ada di dalam kulit dan otot disebut patah tulang tertutup.

Gambar. Fisura (kiri) dan Fraktura (kanan)
3. Skoliosis, Lordosis, Dan Kifosis
     Ini salah satu kelainan pada tulang punggung yang disebabkan karena kebiasaan duduk yang buruk. Tulang punggung dapat membengkok jika kita melakukan kebiasaan sikap duduk yang salah. Tulang punggung bisa membengkok ke depan (lordosis),  membengkok ke belakang (kifosis), dan membengkok ke arah kiri atau ke kanan (skoliosis). Oleh karena itu agar tulang punggung kita tidak membengkok, maka biasakanlah duduk dengan posisi yang benar.

Gambar. Kelainan tulang punggung
4. Osteoporosis
     Suatu keadaan dimana penghancuran tulang lebih cepat daripada proses pembentukan tulang. Akibatnya tulang menjadi keropos. Penyebabnya yaitu karena kekurangan kalsium. Penyakit ini mudah terjadi pada orang yang lanjut usia.

Gambar. Tulang normal (kiri) dan tulang penderita osteoporosis (kanan)
Gambar. Tulang penderita osteoporosis mudah patah
5. Arthritis
     Merupakan peradangan yang terjadi pada sendi. Dapat terjadi karena banyak mengangkat atau membawa beban terlalu berat, ataupun infeksi mikroorganisme.

Gambar. Arthritis akibat peradangan
Rangkuman
•  Kelainan dan gangguan pada tulang dan otot dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kekurangan gizi, kecelakaan, kuman penyakit, keturunan, dan sikap tubuh yang salah
•  Sikap duduk yang salah dapat menyebabkan kelainan pada tulang belakang seperti skoliosis, kifosis, dan lordosis.
Soal-Soal Latihan
Terlampir di ProProfs.com
Bagian ini adalah the last part from materi Sistem Gerak..masih ingatkah kamu gangguan pada sostem gerak? Jawab soal latihan ini untuk membuktikannya ^^ --> klik link ini --> http://www.proprofs.com/quiz-school/story.php?title=soal-latihan-sistem-gerak-sub-materi-gangguan-untuk-kelas-viii
*******************

DAFTAR PUSTAKA
Campbell, N.A., J.B. Reece, L.G. Mitchell. 2002. Biologi. Terj. dari Biology Edisi Kelima Jilid III; oleh Lestari, R. dkk. Jakarta : Erlangga.
Crisden, Shonna . 2009. CK-12 Life Science. California : UCK-12 Foundation
Kimball, J.W. 2002. Biologi. Jakarta : Erlangga.
Pearce, Evelyn. 2004. Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Jakarta:
     PT Gramedia.
Setyaningsih, Eko. 2010. Biology SMA/MA Grade XI Bringing to Your Life. Jakarta: Bumi Aksara
*******

1 komentar: